Influencer Marketing

Cara Merek Perawatan Kulit Ini Memanfaatkan Influencer Marketing untuk Meledakan Penjualan

Dikutip dari artikel yang ditulis oleh Brad Smith di searchenginejournal.com, produk perawatan kulit dan kecantikan dipercaya akan membuat hidup sebagian besar orang menjadi lebih baik.

Anda akan berpikir itu sudah jelas, namun sayangnya, tidak.

Sebagian besar produk perawatan kulit mainstream penuh dengan bahan kimia berbahaya.

Bahya ini mungkin tidak terlihat dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang bahaya itu dapat terasa dan terlihat.

Bethany McDaniel yang menyadari hal itu mulai berupaya mengubahnya.

Dia mulai bereksperimen di rumahnya, menciptakan produk seperti lip balm dari semua bahan alami.

Semangat Bethany dalam mengembangkan produk alami yang tidak berbahaya ini telah berkembang pesat.

Sampai saat ini, telah menjual hampir 4.000 produk dalam satu bulan kurang dari tiga tahun setelah debut.

Produk itu dinamakan dengan Primally Pure, produk ini meledak di pasaran dengan sistem pemasaran online.

Teknik pemasarannya dilakukan dengan menggabungkan konten, SEO, dan media sosial.

Alasan Primally Pure Memiliki Pemasaran Terbaik

Primally Pure secara resmi meluncur di pasaran mulai pada Februari 2015.

McDaniel benar-benar melakukan semuanya sendiri pada awalnya.

Dia merancang, membuat, membotolkan, menjual, dan mengirim lusinan produk ke berbagai pelanggan.

Usahanya mengalami perkembangan pesar, hanya dalam 18 bulan sudah mendapatkan banyak perhatian dari konsumen produk perawatan dan kecantikan.

Hingga November 2016, McDaniel sudah melakukan penjualan sebanyak 970 kali penjualan.

Primally Pure dijual dengan sistem startup berbasis rumah yang sederhana.

Basis bisnis itu tumbuh cepat, dalam waktu satu tahun sejak November 2016, jumlah penjualannya naik menjadi 3.733 pesanan.

Bagaimana hal itu terjadi?

Pertama dan terutama karena teknik pemasarannya sangat sistematis.

Begitu fondasi pemasaran sudah terbangun dengan baik maka pertumbuhan penjualannya bisa terjadi secara alami.

 “Kami baru saja bekerja dengan influencer. Itu saja yang kami lakukan hingga baru-baru ini, “kata McDaniel.

Pemasaran itu sederhana tetapi sulit.

Sederhana karena tidak ada misteri besar.

Semuanya bekerja sampai tingkat tertentu, tetapi mengeksekusi secara konsisten di level tinggi sangat sulit.

Berikut adalah formula yang tampaknya sederhana, namun sulit yang harus dipertahankan oleh McDaniel.

McDaniel berupaya menemukan influencer yang berpikiran sama dengan visi dan misinya.

Terus lanjutkan menghasilkan produk yang berkualitas dan menawarkan beberapa inovasi kepada pelanggan.

McDaniel akan bekerja dengan masing-masing influencer untuk membuat kontes atau diskon eksklusif untuk pembaca mereka.

Dia bahkan melakukan penawaran afiliasi untuk dibagikan dengan marketing online freelancer atau mitranya.

Dia terus melakukannya secara konsisten.

Dengan usaha konsisten tersebut, anda bahkan bisa menemukan Primally Pure dengan mudah di Google.

baca juga

jasa seo jakarta

“Primally Pure” mendapatkan puluhan ulasan positif dari situs otoritas tinggi dari para pelanggannya.

Cara Bekerja dengan Influencer untuk Meningkatkan Kepercayaan kepada Merek

Hampir semua pengguna internet mengabaikan iklan bergambar.

Primally Pure sepenuhnya mencegah pembentukan iklan bergambar yang menelan biaya hingga empat kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Sebab kenyataannya, sebanyak 75% pelanggan Primally Pure mendapatkan produk dari dari keluarga, teman, dan kenalan.

Sebanyak 92% dari mereka mempercayai merek dari kata-kata para Influencer.

Primally Pure akhirnya mencari selebritas yang sedang populer dan cukup berpengaruh di industri perawatan dan kecantikan wajah.

Idealnya, Anda harus tahu ruang, Anda tahu persis siapa yang memengaruhi pelanggan Anda dan di mana menemukannya.

Anda bisa memanfaatkan jasa penyalur yang menghubungkan anda dengan para influencer berpengaruh.

Tribe Group, BrandSnob, dan Whaler adalah beberapa yang berspesialisasi dalam menghubungkan influencer Instagram dengan beberapa merek terkenal.

Mereka telah memudahkan pelaku usaha untuk menemukan influencer yang berpengaruh.

Mereka membantu Anda memasukkan data kampanye, mencari influencer, atau dibantu dicocokkan oleh para ahli internal dengan yang paling sesuai.

Anda dapat menelusuri metrik kunci, melihat konten sampel, mendapatkan lebih banyak wawasan tentang latar belakang influencer.

Bahkan anda bisa melihat biaya untuk sekali sewa jasa mereka.

Facebook juga telah membuka jenis iklan “Konten Bermerek” resmi untuk memformalkan hubungan dengan para influencer.

Konten Bermerek Facebook memungkinkan influencer untuk memberi tag pada merek.

Sehingga mereka bisa mendapatkan data real-time tentang jangkauan, keterlibatan, dan ROI dari setiap pos yang disponsori.

Tetapi opsi ini hanya menyentuh permukaan pasar karena walaupun influencer dan pembuat konten dapat menjangkau pembaca yang banyak, belum tentu ini berhasil.

Primally Pure mengambil langkah logis berikutnya, membuat program afiliasi sehingga mitra mereka menerima fee pendapatan ketika audiens mereka membeli dari situs mereka.

Berdasarkan pengalaman Primally Pure program afiliasi dengan cepat menyumbang 25% dari penjualan Primally Pure.

Menambahkan PR, Acara & Reseller ke Kemitraan Merek

Primally Pure baru-baru ini mulai menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan Facebook dan Instagram dalam setahun terakhir.

Mereka telah berinvestasi dalam bentuk lebih banyak sponsor berbayar dan bahkan memiliki firma PR untuk melakukan pers.

Di samping itu, setiap bulan, Primally Pure akan bermitra dengan beberapa mitra potensial untuk menyebarkan promo hadiah dan bentuk-bentuk lainnya.

Mereka juga membuat undian email sederhana dengan Rafflecopter untuk meningkatkan kesadaran tentang mereka.

Upaya ini juga ditargetkan dapat meningkatkan pelanggan baru, membangun daftar email marketing mereka, dan mendorong penjualan.

Mereka bermitra dengan perusahaan anggur alami.

Mereka bermitra dengan penjual perhiasan lokal, dan mereka bermitra dengan produk Vital Proteins untuk meningkatkan penjualan.

Meskipun demikian kemitraan ini memang tidak mendorong penjualan secara signifikan, tapi bentuk kemitraan ini merupakan bentuk strategi marketing untuk memperkenalkan merek kepada penggemar produk-produk dari mitra.

Yang mana di harapkan dari pengenalan perlahan-lahan ini bisa membangun kepercayaan dan menarik pelanggan baru.

Cara Menggunakan Strategi Konten untuk Meningkatkan Nilai Produk

Sebagian besar perusahaan kecil membuat kesalahan pemasaran yang sama berulang kali.

Salah satunya ialah mereka memanfaatkan tenaga anak magang untuk mengelola media sosial.

Hal itu kemudian tidak mendorong penjualan apalagi minat audiens untuk mengetahui lebih banyak tentang produk.

Primally Pure tidak seperti itu.

Pemetaan konten adalah teknik yang menjelaskan apa yang harus dipublikasikan, di mana, kapan, dan mengapa.

Maka, diperlukan orang yang sudah peka dengan ranah tersebut.

Iklan berbasis konten adalah strategi penjulan yang dilakukan secara softselling, sehingga tidak dapat diberikan kepada orang yang belum berpengalaman.

Pada awalnya, orang bahkan belum menyadari kebutuhan akan produk atau layanan Anda.

Anda harus fokus pada masalah yang ingin mereka dapatkan solusinya, maka tugas ini tidak dapat diberikan kepada anak magang.

Cara untuk meningkatkan nilai produk lewat strategi konten adalah mengembangkan kesadaran akan kebutuhan audiens terhadap produk anda.

Dapatkan perhatian mereka dengan memunculkan solusi potensial, dengan memunculkan jenis konten yang berbeda setiap saat.

Orang yang kurang membutuhkan kesadaran tidak menginginkan hal-hal yang panjang, teknis, mendalam.

Hanya orang-orang yang secara aktif meneliti alternatif produk yang akan lekas berminat.

Efek strategi konten seperti air yang menetes sedikit demi sedikit, dengan berbagai jenis informasi.

Mengapa semua ini penting? Karena Primally Pure juga mempertimbangkan tawaran harga sebenarnya tidak murah.

Barang-barang mereka tidak murah.

Barang-barang yang berkaitan dengan kepentingan individual seperti produk perawatan seringkali lebih mahal daripada alternatif sintetis dan generik.

Misalnya pelembab merek pasaran dijual dengan harga murah, sedangkan merek Primally Pure dijual bisa jadi tiga kali lipat dari harga merek pasaran itu.

Calon pelanggan harus memahami mengapa harganya sangat jauh berbeda.

Mereka perlu memahami signifikansi di balik harga jual yang lebih tinggi itu.

Mereka perlu mengenali nilainya, dan konten bisa digunakan untuk mendidik dan mengenalkan perbedaan itu.

Konten blog berkualitas tinggi digunakan untuk membuat orang mengenali kerugian dari terus menggunakan produk yang berbahaya.

Konten blog dapat anda manfaatkan untuk mengubah gaya hidup berbahaya audiens dan mengarahkan mereka dengan gaya hidup yang lebih sehat.

Itulah mengapa membuat konten yang menghasilkan ROI sangat sulit untuk dibuat.

Akan tetapi, ketika itu berhasil maka hasilnya akan sepadan dengan kerja keras yang sudah dilakukan.

Maka, segera lakukan posting blog dan distribusikan ke pelanggan yang sudah ada melalui media sosial dan jika perlu lewat email.

Lakukan secara konsisten untuk menegaskan kembali pada audiens anda bahwa perubahan ke arah yang lebih baik itu sangat penting.

Primally Pure juga telah memperluas formula ini dengan video.

Tidak semua orang akan meluangkan waktu untuk membaca ribuan kata teks.

Tetapi video memungkinkan Anda untuk mempercepat distribusi informasi.

Temuan Google mengatakan bahwa keajaiban di balik video adalah memunculkan perasaan antisipasi terhadap apapun yang ditampilkan di dalam video.

Hasil dari promosi Primally Pure yang dilakukan melalui video adalah 66% dari pembeli produk datang karena video YouTube.

Mereka mengatakan bahwa video di YouTube memungkinkan mereka memvisualisasikan produk yang akan mereka beli.

Dan itu salah satu alasan mengapa unboxing tampilan video meningkat  sebanyak 57%.

Unggahan meningkat menjadi lebih dari 50%, dan video seperti ini telah mengalami lebih dari satu miliar kali dilihat oleh penonton YouTube hanya dalam setahun terakhir ini.

“Banyak pelanggan memposting Cerita Insta dengan produk kami,” kataCourtney O’Connor, direktur pemasaran Primally Pure dan ahli estetika holistik berlisensi.

Dia menambahkan, “Orang-orang membagikan video unboxing mereka sendiri, menggunakan produk untuk pertama kalinya, dan banyak lagi. Kami mendapat pemasukan dari itu setiap hari. ”

Itu membuatnya mudah untuk membantu mendidik pelanggan baru dan menggunakannya kembali di situs web mereka.

“Orang-orang suka melihat bagaimana orang lain menggunakan produk.”

Primally Pure terus bekerja dengan influencer dan pelanggan yang sudah membeli.

O’Connor dan timnya akan melihat siapa yang sudah terlibat dengan produk mereka kemudian membagikan pengalamannya melalui media sosial mereka.

Dia akan melihat siapa yang menunjukkan minat pada produk mereka atau secara konsisten berinteraksi dengan mereka secara online.

Hit PR yang baik langsung dibagikan ulang melalui setiap platform sosial.

Di samping itu juga lebih banyak konten berbasis info yang dirancang untuk membantu pelanggan memahami potensi produk mereka.

Semua gambar yang dibagikan di platform sosial dibuat dengan sesuatu seperti Canva atau lewat desainer khusus yang disewa oleh tim pemasaran Primally Pure.

Mereka akan mengambil gambar yang berfokus pada produk setiap bulan atau lebih.

Ini akan digunakan untuk mempromosikan produk baru.

Influencer umumnya akan mengirimi tim Primally Pure dalam bentuk teks setiap dalam satu bulan beberapa kali.

Sehingga tim pemasaran selalu memiliki konten yang dapat diunggah untuk beberapa bulan secara konsisten.

Tim website kemudian akan menangani semua pemformatan dalam hal pemuatan untuk menjaga font tetap konsisten dan dibaca lebih banyak orang.

McDaniel dan O’Connor menggunakan Planoly untuk membantu mengatur semua konten setiap minggunya.

“Kami akan mengunggah semuanya terlebih dahulu, mengaturnya di kisi Planoly, dan menjadwalkannya,”

Jadi konten direncanakan beberapa bulan sebelumnya, disiapkan secara proaktif dan terbitnya dijadwalkan secara konsisten.

Dengan cara ini, mereka menggunakan konten untuk membantu mencapai target pemasaran yang mereka inginkan.

Manajemen juga akan memanajemen ruang percakapan dengan lebih reaktif setiap harinya ketika muncul respon dari  masyarakat dari setiap konten yang diterbitkan.

Kesimpulan

Setiap perusahaan menginginkan pelanggan setia.

Setiap perusahaan menginginkan pemasaran dari mulut ke mulut.

Namun sedikit perusahaan melakukan apa yang diperlukan untuk menciptakan hal-hal tersebut.

Mereka terus mengeluarkan produk tiruan daripada menciptakan visi yang benar-benar unik.

Mereka lebih fokus pada promosi dan PR daripada menggandakan kualitas produk dan sebagai hasilnya, mereka mendapatkan hasil yang sama tidak ada perkembangan.

Primally Pure memiliki visi konkret yang didasarkan pada hasrat konkret.

Promosi produk menjadi sederhana ketika kualitas produk difokuskan pada layanan khusus.

Itu tidak berarti itu mudah.

Banyak waktu, energi, dan upaya yang harus dikerjakan untuk menghasilkan hasil pemasaran yang terbaik.

Akan tetapi, ketika usaha dilaksanakan secara konsisten dan fokus maka peluang sukses pun akan jauh lebih tinggi.

Demikian pemaparan tentang cara sebuah merek terkenal memanfaatkan influencer untuk meledakkan penjualan via online mereka.

Anda ingin coba?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *